Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi Tahun 2023

Authors

  • Sandi Solihin Rumah Sakit Ali Sibroh
  • Oci Etri Nursanty Universitas Indonesia Maju
  • Desy Kartika Ningsih Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.53801/jmn.v3i4.190

Keywords:

kepuasan pasien, kualitas pelayanan keperawatan

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan keperawatan merupakan proses kegiatan yang dilakukan oleh tenaga medis dalam memenuhi kebutuhan pasien. Pemberian pelayanan keperawatan merupakan faktor krusial dalam meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan individu di setiap Negara.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode cross-sectional. Populasi pada penelitian ini didapatkan sebanyak 600 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling sebanyak 87 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji rank spearman.

Hasil: Uji rank spearman didapatkan hubungan kualitas pelayanan dari daya tanggap (p=0,032), kehandalan (p=0,029), jaminan (p=0,000), empati (p=0,001), bukti fisik (p=0,001) terhadap kepuasan pasien.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara daya tanggap, kehandalan, jaminan, empati dan bukti fisik dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi dengan nilai p <0,05.

Downloads

Published

2024-08-07