Pengaruh Pengetahuan, Motivasi Ibu dan Peran Tenaga Kesehatan terhadap Perilaku Partisipasi Kehadiran Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Gantung Kabupaten Belitung Timur Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.53801/ijms.v2i3.117Keywords:
kelas ibu hamil, motivasi, partisipasi, pengetahuan, peran tenaga kesehatanAbstract
Latar Belakang: Partisipasi dalam pelaksanaan kelas ibu hamil adalah kehadiran ibu hamil dalam pertemuan minimal 4 kali selama kehamilan untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku agar memahami tentang pemeriksaan kehamilan. Pengetahuan, Motivasi Ibu dan Peran Tenaga Kesehatan adalah faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi ibu untuk menghadiri kelas ibu hamil.
Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, motivasi ibu dan peran tenaga kesehatan terhadap partisipasi kehadiran kelas ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Gantung.
Metode: Jenis penelitian ini yaitu observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini sejumlah 82 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi yaitu Trimester II dan III. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian data menggunakan uji statistik chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (p<0,05).
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara pengetahuan ibu dengan kehadiran kelas ibu hamil (p=0,000; OR=27,51), motivasi ibu dengan kehadiran kelas ibu hamil (p=0,000; OR= 10,38), dan peran tenaga kesehatan dengan kehadiran kelas ibu hamil (p=0,022; OR= 4,57)
Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan, motivasi dan peran tenaga kesehatan ibu dengan kehadiran kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Gantung.